Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion

Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion post thumbnail image
Print Friendly, PDF & Email
468 Views

Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion – Sobat pembaca partnerloker.com, kali ini kita akan bahas bentuk test psikotest yang bersifat kelompok yaitu Focus Group Discussion – FGD. Test FGD ini menjadi patokan, apakah peserta test bisa lanjut ke tahap selanjutnya atau tidak.

Apa yang dinilai dari test FGD

Test FGD mirip dengan proses wawancara bertujuan untuk mengetahui dinamika atau kecenderungan personaliti seseorang. Sesuai dengan namanya FGD yang mengaruskan berkelompok dan biasanya ganjil seperti 5, 7, dan 9 orang. Dalam test FGD ini tidak ada istilah benar dan salahnya jawaban dari peserta namun lebih melihat apakah peserta tersebut cocok karakternya untuk ditempatkan pada posisi tertentu dalam kata lain mendapatkan gambaran kepribadian yang mendekati kriteria perusahaan.

Hasil test FGD

Hasil FGD berupa hasil observasi yang akan mendukung hasil psikotes. Namun dari FGD tersebut menjadikan pemandu dapat mengetahui gambaran umum kandidatnya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka studi kasus di FGD tersebut biasanya berbeda-beda tergantung posisi/jabatan apa yang dilamar. Misalkan ada 3 kategori utama yang harus diperhatikan

  1. level staff, biasanya yang dinilai adalah kemampuan teknis berdasarkan pengetahuan yang diperoleh untuk menyelesaian sesuatu permasalahan.
  2. level supervisory biasanya yang dinilai setengah kemampuan teknis dan sisa lainnya berupa koordinasi dengan bawahan
  3. level managerial biasanya yang dinilai lebih kepada kemampuan management seperti staffing, delegasi wewenang, serta kemampuan berkomunikasi dengan bawahan dan orang diatasnya.

 

Level Aspek yang ingin diungkap Orientasi kasus
Staff Pada level ini aspek yang biasanya lebih diperhatikan adalah kematangan sosial emosional, potensi kerjasama, pengendalian diri, dan stabilitas emosi Kasus yang diberikan dapat berupa kasus mengenai permasalahan kongkrit yang terjadi di lingkup pekerjaan atau kasus yang sebenarnya tidak menitik beratkan pada keakuratan penyelesaian namun lebih kepada proses dalam mencapai penyelesaian.
Supervisory Pada level ini biasanya selain memperhatikan aspek-aspek diatas juga memperhatikan aspek kepemimpinan seperti pengambilan keputusan, inisiatif, kemampuan persuasi, dan pola pengembangan tim Kasus yang diberikan dapat berupa kasus mengenai suatu permasalahan yang menuntut penyelesaian yang melibatkan beberapa faktor yang terlibat didalamnya sehingga pola kepemimpinan, pola pikir dan prioritas dalam pengambilan keputusan bisa terlihat di sini.
Managerial Pada level ini aspek yang diungkap lebih kompleks sehingga selain memperhatikan aspek-aspek diatas juga mmeperhatikan beberapa aspek terutama dalam hal pengambilan keputusan strategis, Kasus yang diberikan dapat berupa kasus mengenai suatu permasalahan yang melibatkan system perusahaan atau policy sehingga kemampuan berfikir startegisnya akan lebih terlihat.

Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion

Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya ikuti yaitu

  1. Simak baik-baik kasus apa yang akan dihadapi
  2. Pada sesi brainstorming. Berilah sebuah tanggapan/respon karena bila tidak memberikan jawab/urun rembug mengakibatkan sobat partneloker.com tidak mempunyai ide yang baik
  3. Jangan pernah mendominasi proses diskusi karena akan dianggap arogan. Ingat bahwa test FGD tersebut bukan mencari ide/solusi yang terbaik tapi lebih kepada bagaimana mengungkapkan pendapat serta menghargai pendapat orang lain.
  4. Jangan pernah memotong pembicaraan orang lain karena itu tata krama yang kurang baik walaupun pendapat kita benar!
  5. Usahakan menggunakan kalimat positif, misalkan dengan memberikan komentar “pendapat A sudah benar, tapi ada beberapa perbaikan yang perlu diperhatikan seperti, bla.. bla…”
  6. Saran yang bisa sobat partnerloker.com yaitu diakhir sesi usahakan menjadi orang yang bisa menyimpulkan/moderator kepada pewawancara terhadap kesimpulan yang bisa diambil! tentu dengan persetujuan pada peserta yang lain. Hal ini menandakan sobat partnerloker.com layak menjadi pemimpin yang baik

Cara menghadapi Test Psikotest FGD-Focus Group Discussion yang perlu diperhatikan yaitu biasanya pihak pemandu akan memberikan pancingan komentar seperti “jawaban yang benar akan diberikan nilai tertinggi!” awas hal ini merupakan tipu muslihat lho, sebaiknya tahan dan jangan sampai menjatuhkan peserta lain dengan cara mendominasi diskusi serta memotong pembicaraan. Kalau sobat partnerloker.com mengikuti jebakan diatas, tamat deh riwayat-udah KO duluan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post