Tips Mengerjakan Test Psikotest Wartegg dengan Baik

Tips Mengerjakan Test Psikotest Wartegg dengan Baik post thumbnail image
Print Friendly, PDF & Email
131 Views

Halo sobat partnerloker, Kali ini kita akan membahas salah satu dari sekian banyak test psikotest yaitu test menggambar seperti test wartegg yang bertujuan untuk  mengukur  emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Tes menggambar ini (wartegg) tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian anda dari cara menggambar dan apa yang anda gambar.

Petunjuk Mengerjakan Test Wartegg

Bagi sobat partnerloker yang belum tahu seperti apa Test Wartegg. Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII). Penomoran mulai dari pojok kiri atas terus ke kanan

 

 

Petunjuk Test Wartegg yaitu

Di atas, terdapat delapan buah kotak berisi gambar yang belum selesai dibuat. Anda diminta untuk:

  1. Menyempurnakan gambar yang belum selesai dibuat tersebut.
  2. Tuliskan nomor urut di bagian atas kotak (di luar kotak putih), sesuai dengan urutan gambar yang anda selesaikan terlebih dahulu!
  3. Dari kedelapan gambar yang telah anda selesaikan tersebut, sebutkan gambar mana yang paling anda sukai dan jelaskan mengapa?
  4. Sebaliknya, sebutkan gambar mana yang paling anda sukai dan jelaskan mengapa?
  5. Dart kedelapan gambar yang telah anda selesaikan tersebut, sebutkan gambar mana yang paling mudah anda selesaikan!
  6. Sebaliknya, sebutkan gambar mana yang paling sulit anda selesaikan!

Keterangan:

  • Untuk instruksi nomor 2, nomor urut harus dituliskan diluar Kotak putih, apabila anda menuliskannya dalam kotak putih, maka akan dianggap sebagai bagian dart gambar yang anda buat.
  • Untuk instruksi nomor 3 dan 4, hanya satu gambar saja yang Harus anda sebutkan.
  • Untuk instruksi nomor 5 dan 6, jawaban anda boleh sama dengan pilihan instruksi nomor 3 atau 4.

Tips Mengerjakan Test Wartegg

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips mengerjakan test wartegg. Partnerloker akan menjelaskan isi dari masing-masing gambar pada test wartegg yaitu:

  • Gambar 1. berupa titik ditengah kotak : ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
  • Gambar 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri : menunjukkan fleksibilitas perasaan.
  • Gambar 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ ambisi
  • Gambar 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan : mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
  • Gambar 5. seperti huruf T tapi miring: mengukur bagaimana cara bertindak.
  • Gambar 6. berupa garis horisontal & vertikal : mengukur cara berpikir / analisa & sintesa
  • Gambar 7. berupa titik2 : menyangkut kehidupan dan perasaan ( apakah sudah stabil, kekanakan)
  • Gambar 8. berupa lengkungan : mengenai kehidupan sosial/ hubungan social

Beberapa tips buat sobat partnerloker yang perlu diingat yaitu

  • untuk garis lengkung sebaiknya sobat menggambar benda hidup dan
  • untuk garis lurus yang kaku sebaiknya anda menggambar benda mati.
  • Urutan menggambar sebaiknya sobat buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila sobat menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 maka sobat akan dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila sobat menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1  maka sobat akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘ sebaiknya dihindari
  • Kalau sobat bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks.
  • Jika sobat menggambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian sobat.
  • Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal :
    • jika saat mengambar sobat terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa sobat adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan
    • jika sobat menggambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti anda termasuk orang yang keras kepala.

Apa yang sobat gambar pun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ. Jika menggambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika anda menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

Kesimpulan Test Wartegg

Jika mungkin sobat bertanya-tanya apa fungsi tes melengkapi gambar di atas, dan apakah tes di atas sebenarnya adalah untuk mencari tahu siapa diantara peserta yang paling pintar menggambar atau tidak, ternyata tes di atas bukan untuk mengetahui kemampuan menggambar melainkan hal tersebut merupakan salah satu cara dari beberapa cara yang digunakan oleh psikolog untuk mengetahui kepribadian dari cara menggambar.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tes menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian dari cara menggambar dan apa yang sobat gambar.

Contoh Gambar Test Wartegg

Tips Mengerjakan Test Wartegg dengan Baik tentu bisa kalian pelajari dengan cara melakukannya berulang-ulang, berikut contoh gambar test wartegg yang bisa kalian tiru/modifikasi sesuai dengan keinginanan sobat (gambar diambil dari google)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post