Tips Mengerjakan Psikotest Test Gambar Pohon / Baum Test

Tips Mengerjakan Psikotest Test Gambar Pohon / Baum Test post thumbnail image
Print Friendly, PDF & Email
86 Views

Halo sobat partnerloker – Kali ini kita akan membahas test psikotest yaitu test menggambar pohon/test baum. Oiya sebelumnya kita juga pernah bahas test Tips Mengerjakan Test Psikotest Wartegg dengan Baik. Bagi sebagian pelamar biasanya akan menjumpai test wartegg dan pohon juga. Test gambar pohon bukan untuk melihat skill sobat dalam menggambar tapi lebih pada logika berpikir dan realistis. Mengapa pohon? karena objek tersebut gampang dan banyak dilihat oleh sebagian besar manusia sehingga tentu tidak sulit menggambar objek pohon

Test Baum

Test Baum  diciptakan dan dikembangkan oleh orang Jerman ini dan banyak dipergunakan dalam berbagai proses rekrutmen (pekerjaan dan pendidikan) di Indonesia. Seringnya test baum bersama-sama dengan  Tes Wartegg dan Tes Menggambar Manusia/Orang (Draw A Man/Draw A Person Test) untuk battery test

Petunjuk Test Baum

Pada test baum/menggambar pohon. Petunjuk yang diberikan cukup simpel yaitu gambarlah pohon pada sebidang kertas.

Tips mengerjakan test menggambar pohon/test baum

Sebelum membahas mengenai tips mengerjakan test menggambar pohon/test baum. Partnerloker.com akan memberikan bocoran apa sih yang dinilai oleh penilai pada test baum.

1.Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

  • Di tengah
    Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
  • Di bagian bawah
    Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
  • Tinggi di atas
    Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar?

  • Lebar
    Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.
  • Ramping
    Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.
  • Pohon bercabang di puncak
    Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

3. Berapa tinggi pohon anda?

  • Lebih dari setengah tinggi kertas
    Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.
  • Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
    Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.

4. Pohon anda terletak di mana?

  • Di tanah
    Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.
  • Di pot
    Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.
  • Di puncak gunung
    Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.
  • Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
    Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.
  • Di pulau
    Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda

5. Apakah pohon anda mempunyai dahan?

  • Ya
    Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
  • Tidak
    Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.

6. Pohon anda condong ke arah mana?

  • Ke kiri
    Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.
  • Ke kanan
    Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.
  • Lurus
    Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

7. Apakah anda menggambar akar?

  • Ya
    Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.
  • Tidak
    Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

8. Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

  • Ya
    Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.
  • Tidak
    Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.

9. Apakan anda menggambar yang lain selain pohon?

  • Buah / kacang pada pohon
    Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.
  • Rumput di bawah
    Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.
  • Ada bunga di bawah pohon
    Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).
  • Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
    Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.
  • Ada ayunan di pohon
    Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Berikut tips yang bisa kalian ikuti untuk mengerjakan test baum/menggambar pohon

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar pohon:

  1. Tempatkanlah gambar di tengah-tengah serta mencukupi/pas dengan ruang yang tersedia. Hindarkan menggambar misalkan hanya di sebelah kiri, sedangkan di sebelah kanannya dibiarkan kosong (banyak ruang yang kosong). Demikian pula menggambar hanya di bagian atas, sedangkan di bagian bawahnya masih banyak ruang yang kosong. Jika dilakukan, kemungkinan hasil gambar Anda akan diinterpretasikan negatif oleh tester (pengetes).
  2. Pastikan gambar yang Anda buat itu proporsional, maksudnya antara gambar akar, batang, cabang dan daun itu ukurannya terlihat wajar dan berimbang.

    Beberapa ketidak-proporsionalan menggambar, yaitu bagian atas pohon terlalu besar jika dibandingkan dengan batang yang ukurannya kecil, jika demikian kemungkinan gambar Anda akan diinterpretasikan sebagai: terlalu mencurahkan perhatian pada fantasi; ambisius, idealis; gila hormat, mengharap balasan, sombong, angkuh. Jika menitik-beratkan pada batang, misalnya batang terlalu besar jika dibandingkan dengan bagian atas pohon, tester bisa saja menginterpretasikan Anda sebagai: infartil, kekanak-kanakan, belum matang.

  3. Hindarkan gambar yang terlalu kecil atau terlalu besar atau bahkan sampai melebihi ruang yang tersedia, karena hal tersebut manandakan:

    Kecil: kepercayaan diri kurang

    Besar: otonomi tinggi, ingin mendominasi. Jika expanded (menggambar lebih dari kertasnya), menandakan: suka ekspansi pada hal-hal di luar wewenangnya, tidak dapat menilai dirinya secara realistis (overestimate); dianggap tidak dapat menyesuaikan diri/beradaptasi dengan lingkungan secara baik; estimasi dan antisipasi kurang, tidak dapat meramalkan hal-hal yang akan datang; dan ambisius.

  4. Buatlah gambar dengan garis yang berkesinambungan, jangan putus-putus. Perhatikan juga tekanan garis yang Anda buat, jangan terlalu lemah, atau jangan pula terlalu kuat/tebal.

    Garis sinambung/kontinyu menunjukkan keyakinan  atau kepastian kehendak, sedangkan garis putus-putus menunjukkan keragu-raguan. Tekanan garis yang lemah menunjukkan dorongan diri/vitalitas diri rendah, sedangkan jika tekanannya sangat kuat menunjukkan dorongan emosional yang kurang terkontrol.

  5. Hindarkan menggambarkan buah pada gambar pohon yang Anda buat.

    Gambar buah mungkin akan diinterpretasikan oleh tester sebagai berikut: ingin menunjukkan prestasi dan hasilnya dilihat oleh orang lain; ingin cepat memperoleh hasil atas usahanya, namun kurang gigih.

  6. Gambarlah bentuk pohon secara lengkap, termasuk akar-akarnya (tetapi jangan terlalu banyak atau terlalu besar), cabang-cabangnya, ranting-rantingnya dan daun-daunnya. Pastikan setiap detail dari bagian-bagian pohon itu terlihat jelas.

Demikianlah sobat partnerloker untuk Tips Mengerjakan Psikotest Test Gambar Pohon / Baum Test semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post